id Indonesia

News

Berita Lainnya

Atur Keuangan Dengan Rumus 4,3,2,1

Kebebasan finansial/financial freedom merupakan impian bagi banyak orang,yaitu sebuah kondisi dimana kita dapat mengambil berbagai keputusan (untuk pengeluaran) tanpa harus mengkhawatirkan keadaan keuangan kita.

Jadi bagiamana untuk mencapai kondisi financial freedom? Tentunya tidak mudah, tetapi dari kata tidak mudah itu pasti ada solusinya yaitu kita harus lebih bijaksana dalam melakukan pengeluaran, perlunya juga komitmen dan kedisiplinan dalam mengelola keuangan kita.

Hari gajian merupakan hari yang di nanti-nantikan oleh seorang pekerja. Namun gaji yang diperoleh sering sekali “lewat begitu saja”. Biasanya gaji tersebut merasa cepat sekali habis saat pertengahan bulan. Untuk itu, perlu banget mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dan benar. Sebenarnya, mengelola keuangan bisa dilakukan dengan fleksibel .Untuk memudahkanmu dalam mengelola gaji, kita juga bisa menggunakan rumus finansial 4-3-2-1.

Metode rumus financial 4-3-2-1 adalah rumus sederhana dengan membagi presentasi penghasilan menjadi 40%-30%-20%-10%.

  • 40%  Untuk Kebutuhan Pokok : Kamu bisa mengalokasikan 40% pemasukanmu untuk kebutuhan pokok, seperti biaya makan, listrik, air, pulsa, internet, transportasi dan biaya lainnya.
  • 30 % Untuk Pembayaran Kredit/ Cicilan : Memiliki cicilan/kredit bukanlah suatu hal yang buruk selama bersifat produktif, kamu bisa mengalokasikan 30% pemasukanmu untuk membayar cicilan/kredit.
  • 20% Untuk Tabungan : Setelah memenuhi kebutuhan dan membayar cicilan, kamu bisa mengalokasikan 20% pemasukanmu dengan menabung. Pilihlah cara menabung dan tempat refrensi menabung yang menguntungkan untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
  • 10% Untuk Sedekah : Sisanya alokasikan 10% pemasukanmu dengan bersedekah atau berdonasi. Perlu dicatat alokasi 10% ini bukan angka yang wajib, jika penghasilanmu masih terbilang pas-pasan, kamu bisa mengurangi persentase tersebut atau 10% ini dijadikan untuk dana darurat.

Share on :

Share on :